Kamis, 20 November 2008

Rupiah di Atas Level 12.000, kekeke...

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat di pasar spot antarbank di Jakarta, Kamis (20/11) sore, merosot dan masih bertengger di atas level Rp 12.000 per dolar AS. Ini akibat pembelian dolar AS yang masih terjadi sejak pagi tadi. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi Rp 12.100/12.200 per dolar AS dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 11.957/12.200 atau melemah 157 poin.

Meski terkoreksi pada sore ini dibanding pada pagi hari, rupiah terpuruk hampir 300 poin. Terkoreksinya rupiah diperkirakan karena Bank Indonesia melepas cadangan dolar AS-nya ke pasar agar rupiah tidak makin terpuruk.

Imbauan pemerintah pada pengusaha untuk melepas dolarnya ternyata belum dipatuhi sehingga rupiah terus terkoreksi. Selain itu merosotnya rupiah akibat tingginya kebutuhan dolar AS di pasar dunia yang dimanfaatkan para pedagang. Rupiah kemungkinan masih akan merosot mengingat gejolak krisis keuangan global kian membesar. Sementara BI masih tetap menjaga kondisi pasar, walau cadangan devisa makin tergerus.

1 komentar:

Wijaya kusumah mengatakan...

Hati-hati jangan sampai dollar naik terus. Kita harus menjaga rupiah kita agar tetap stabil.