Jumat, 05 Desember 2008

LEGO, kekeke...



mulanya Ole Kirk Christiansen dan anaknya Godtfred memulai memproduksi mainan dari kayu sesuai tren pada zamannya (1934). Malah sang ayah memulai usahanya dari embuat tangga dan meja setrikaan. tapi mereka akhirnya serius bikin mainan kreatif dan sangat mengutamakan kualitas. yahun 1942, LEGO membeli mesin cetak plastik untuk memproduksi mainan dari plastik.

mereka segera memproduksi nenek moyang bricks LEGO tahun 1949, namun bentuknya masih belum ada tonjolannya kayak sekarang. walaupun belum sesempurna sekarang, kepingan bricks ini ditujukan untuk membuat berbagai bentuk sesuai imajinasi pemain. nah, cikal bakal bricks LEGO ini kemudian disempurnakan bahannya seperti bentuk yang kita kenal pada tahun 1958. namun bahannya belum plastik ABS seperti sekarang, sehingga tak sekuat dan secerah bricks masa kini.
pada tahun 1963, pelan-pelan LEGO merambah dunia mulai hanya dijual di Denmark, lalu Swedia, Jerman, Eropa. ketika dijual di Amerika, negara yang sedang perang dingin dengan Uni Soviet ini segera menyambutnya. karena pemerintah berpikir pentingnya mainanyang dapat membuat anak-anak belajar. apalagi mereka membutuhkan ahli matematika dan ilmuwan yang ahli membuat senjata. sementara itu LEGO dianggap cocok untuk meningkatkan kecerdasan anak. makanya semua orang kerajingan LEGO.

sekarang LEGO bukan hanya bricks, tetapi ada berbagai macam jenis, yaitu BIONICLE, EXO FORCE, sampai yang memakai mesin yaitu MINDSTORM. makanya LEGO lekat sekali sebagai penghasil mainan kreatif. kesuksesan ini membuat banyak prodik lain meniru LEGO.

Tidak ada komentar: