Rabu, 26 Maret 2008

Kejuaraan Motor Dunia & Indonesia

Indonesia
Jenjang Pertama(One Make Race)
OMR dipelopori oleh ATPM dibuat dan diarahkan pada pembalap pemula. Pembalap di tingkat atasnya tak boleh ikut. Spesifikasi motor juga wajib standar dengan modifikasi semurah mungkin. Juara dua kali di ajang ini diharuskan naik satu tingkatlebih tinggi di Motoprix.
Jenjang Kedua(Motoprix)
Meski mempertandingkan banyak kelas, namun hanya dua kelas tertinggi, yaitu MP1(tune up 115 cc) dan MP2(tune up 125 cc) yang termasuk penjenjangan. Juara nasional Motoprix dari semua region(ada lima region)harus naik ke kelas Indoprix di tahun berikutnya.
Jenjang Ketiga(Indoprix)
Kejuaraan ini diikuti 50 pembalap juara seluruh region Motoprix di tahun sebelumnya.Pembalap Indoprix dilarang ikut Motoprix. Kapasitas mesinnya adalah sekitar 150 cc. Maksudnya agar spesifikasi motor berbeda dari Motoprix. Serta membuka peluang motor sport 150 cc, sehingga pembalap terbiasa dengan motor bertangki di depan sebelum naik ke jenjang Superstock atau Superbike Sentul
Jenjang Keempat(Superstock/ Superbike Sentul)
Spesifikasi mesin Superstock adalah 600 cc, sementara spesifikasi mesin superbike Sentul adalah 1.000 cc. Ajang yang selama ini mati suri di Sirkuit Sentul akan dihidupkan kembali. Pesertanya adalah pembalap Indoprix yang dikirim ATPM motor di Indonesia.
Moor yang dipakai Superstock hanya boleh dimodofokasiterbatas agar biayanya murah. Namun bila ingin modifikasi lebih banyak akan dimasukkan di kelas Superbike. Niat PP IMI membesarkan kejurnas ini diikuti dengan rencana membuat coaching clinic yang melibatkan pembalap Australia dan Eropa.
Internasional
FIM Asia GP Supersport 600
FIM Asia GP adalah kejuaraan yang melombakan kelas Supersport. Inilah jenjang awal pembalap Indonesia go international. ATPM diwjibkan mengirim dua pembalap ke ajang tingkat Asia tersebut.

World Superstock GP
Ini adalah kejuaraan dunia dengan spesifikasi mesin motor 600 cc dan 1.000 cc. World Superstock 600 cc lebih murah dibandingkan mengikuti GP125 atau GP250. Motornya juga bias didapatdi pasaran. Dibandingkan dengan GP 125 dan GP250 di mana motor harus disuplai khusus oleh pabrikan.Superbike.
Superbike
Sejenis MotoGP yang jenisnya roadrace atau balap jalan raya. Bedanya motor- motor di Superbike bukan motor formula atau motor pabrikan yang dijual bebas seperti di MotoGP. Hanya saja motor di Superbike semua sudah dimodifikasi.
GP125
Kelas di bawah 250 cc. Sejak tahun 2005 umur pembalap dibatasi hingga 28 tahun. Untuk pembalap yang sudah mempunyai kontrak umur dibatasi hanya sampai 25 tahun.
GP250
Tingkatan terakhir sebelum MotoGP. Mesin motor dibatasi minimal 100 kg.

MotoGP
MotoGP merupakan impian semua pembalap motor. Tak hanya pengalaman Tak hanya pengalaman pembalap yang dibutuhkan, namun juga dukungan biaya yang cukup besar.
1949
Pada masa ini, berbagai balapan untuk kelas motor yang berbeda-beda sudah diadakan. Balapannya dibedakan sesuai kapasitas mesin dan kelas untuk sidecars(motor dengan sespan/ gandengan di samping). Kelas-kelas yang ada saat itu adalah 50 cc, 125 cc, 250 cc, 350 cc dan 500 cc untuk motor berkursi tunggal, serta 350 cc dan 500 cc untuk motor sidecars. Motor yang paling top pada saat ini adalah AJS Porcupine E90, karena motor ini berhasil mengantarkan Leslie Graham menjadi juara di kompetisi tahun 1949. Pada masa ini pembalap masih menggunakan helm yang hanya melindungi kepala bagian atas dan menggunakan kacamata.
1950-an
Motor 4 tak mendominasi seluruh kelas. Motor 500 cc yang paling top adalah Gilera dan MV Agusta karena selalu jadi jawara. Motor pada era ini, menjadi cikal bakal bentuk motor di MotoGP yang sekarang, desainnya yang membulat di bagian depan.
1960-an
Motor 2 tak mulai kendor pada era ini di kelas-kelas kecil. Pembalap mulai menggunakan helm berkaca.
1970-an
Motor bermesin 2 tak mulai menguasai perlombaan kembali dan membuat motor bermesin 4 tak tersingkir. Ini terjadi karena mesin 2 tak dapat menghasilkan tenaga lebih besar dan tarikan cepat. Helm pembalap sudah menutupi seluruh bagian kepala.
1980-an
Kelas 350 cc dihapuskan, sementara itu kelas 50 cc digantikan oleh kelas 80 cc.
1990-an
Kelas 80 cc dan kelas sidecars dihapuskan. Kelas yang tersisa hanyalah kelas 125 cc, 250 cc dan 500 cc.Jenis mesinnya 2 tak.
2000-an
Pada tahun 2002 mesin 2 tak digantikan dengan mesin 4 tak. Supaya tetap kencang, kapasitas mesin 4 tak diperbesar menjadi maksimal 990 cc. Sejak saat itu, kelas 500 cc berubah namanya menjadi MotoGP. Untuk kelas 125 cc dan 250 cc secara khusus masih menggunakan ,esin 2 tak. Di era baru MotoGPini, motor bermesin 2 tak 500 cc dan 4 tak 990 cc boleh ikut balapan bersama menunggu kesiapan seluruh tim beralih ke mesin 4 tak. Demi keamanan pembalap, FIM lalu menurunkan kapasitas mesin jadi 4 tak 800 cc. Para pembalap mulai memakai pelindung punggung agar memperkecil terjadinya luka
Tim- tim di MotoGP(kelas 800 cc) sekarang antara lain :
- Ducati Marlboro - Alice
- Repsol Honda - Kawasaki Racing
- Fiat Yamaha - Yamaha Tech 3
- San Carlo Honda Gresini - Honda LCR
- Rizzla Suzuki MotoGP - Jir Team Scott
Pembalap yang terkenal antara lain :
-John Surtess(1952- 19601960- 1972)
John Surtess adalah pembalap MotoGP dan F1 yang berasal dari Inggris. Sampai saat ini dia adalah satu- satunya pembalap yang pernah menyabet gelar juara dunia baik di MotoGP maupun di F1. John adalah anak pemilik dealer motor di London. Dia mulai mengikuti lomba pada tahun 1949, ketika berumur 15 tahun. Sejak tahun 1956sampai 1960, John telah berhasil menjuarai gelar dunia GP 500 cc dan GP 350 cc berkali- kali.
Di tahun 1960, John mulai pindah menekuni F1 dan tiga tahun kemudian dia berhasil jadi juara dunia bersama tim Ferrari. Pria yang pension pada tahun 1972 ini diberikan gelar Legenda Grand Prixoleh International MotorsportsHall of Fame.
Meski sudah bukan pembalap lagi, sampai saat ini, John masih aktif mendukung kegiatan- kegiatan balap.
-Valentino Rossi(1996- sekarang)
Nama Valentino Rossi bikin MotoGP jadi semakin memuncak. Ini terjadi karena laki- laki asal Italia ini bukan hanya sukses membuat prestasi, namun juga memesona semua orang. Maklum, Rossi sadar dengan kegunaan berita. Rossi menjadi tak kalah dengan selebritis dunia.
Laki- laki yang lahir pada tahun 1979 ini mulai menyukai balap motor karena pengaruh ayahnya yang juga jawara Motor, yaitu Graziano Rossi. Tahun 1992, dia mula nyoba balapan motor mini dan empat tahun kemudian ia mulai memasuki dunia MotoGP. Dan setelah masuk MotoGP ia langsung menyabet gelar juara 125 cc, 250 cc dan 500 cc direbutnya berkali- kali. Dengan bakat, taktik yang pintar dan pesonanya masyarakat menybutnya the doctor. Laki- laki ini sekarang menjadi pembalap MotoGP dengan gaji terbesar, yaitu US$ 30.000.000 atau sekitar 270 milyar rupiah.
Fakta- fakta MotoGP :
-Pemilik MotoGP
Pemilik hak penyelenggaraan MotoGP saat ini adalah Dorna Sports, sebuah perusahaan manajemen yang mengurusi kejuaraan kelas dunia.
-Balap Malam
MotoGP terus meninggikan popularitasnya dengan mengadakan balap malam di sirkuit Losail, Qatar pada tanggal 9 Maret 2008. Ini merupakan balap pertama MotoGP yang dilakukan di malam hari.
-Indonesia Mengikuti MotoGP
Mulai tahun ini, Doni Tata Pradita mengikuti laga MotoGP di kelas 250 cc, dengan membawa bendera tim Yamaha Pertamina Indonesia.
-Juara Dunia MotoGP Termuda
Juara dunia termuda saat ini adalah Casey Stoner(Ducati Marlboro). Pembalap Australia ini masih berumur 23 tahun ketika menjuarai MotoGP pada tahun 2007 lalu. Stoner juga menjadi remaja Australia terkaya ke- 14 setelah menjuarai balap motor cepat ini.
-Julukan Valentino Rossi
Selama tujuh tahun ia mencetak gelar juara tujuh kali di empat kelas berbeda (125 cc, 250 cc, 500 cc dan MotoGP). Rossi mempunyai julukan pada saat ini, diantaranya adalah Rossi \ fumi, karena kagum pada Norick Abe, Valentik, karena menyukai Daffy Duck serta The Doctor, karena suka bereksperimen.
-Karir Pembalap
MotoGP merupakan ajang balap yang paling rapihsoal jenjang karir pembalapnya. Karena bila pembalap telah sukses di kelasnya, ia akan naik ke tinkat selanjutnya.
SUPERMOTO
Balapan ini memadukan balap jalanan dengan balap motorkros. Wajar kalau si pembalap dituntut harus dapat mengendalikan motor di dua lintasan yang berbeda. Balapan ini populer di Amerika sejak tahun 1970, tampil sebagai tontonan favorit Wide World of Sports di stasiun tivi ABC.
Lintasan balapan motor ini cukup menantang, mulai dari lintasan beraspal seperti balap jalanan sampai dengan jalan yang berlumpur dengan beberapa lompatan seperti motorkros.
Motor kejuaraan ini dibuat secara khusus, karena harus menyesuaikan dengan lintasan yang dilewati. Bentuknya seperti motorkros dengan mesin spesial dan roda yang dapat melewati lintasan aspal maupun lumpur, salah satu motornya adalah Yamaha Tricker 250.
MOTOKROS
Balapan ini cukup populer di Indonesia. Balapan ini adu kecepatan motor- motor bermesin spesial di atas lintasan offroad. Ada juga jenis perlombaan freestyle atau gaya bebas, pembalap dituntut harus dapat melompat dan terbang dengan motor, lalu bergaya di atas ketinggian tersebut dengan motornya. Dan satu lagi jenis balapan dengan waktu atau ketinggian tempat, yaitu Dirt Bikes. Cara bermainnya adalah dengan melewati bebatuan di gunung yang mencetak waktu tercepat dan tempat tertinggi, dialah yang menjadi pemenang.
Motor di ajang seperti ini mempunyai tiga jenis motor yang berbeda, yaitu MX, ATV atau Dirt Bikes. Mx adalah motoryang didesain jangkung agar dapat melewati lintasan offroad. Setangnya dibuat melebarsupaya lebih stabil. ATV adalah motor dengan roda empat seperti motor pantai yang biasanya dipakai life guard. Dan Dirt Bikes adalah motor yang dibuat khusus untuk melompat- lompati bebatuan di gunung. Motor ini didesain khusus tanpa tempat duduk. Motor- motor ini dibuat dengan roda spesial untuk melewati lintasan offroad. Salah satu motornya adalah Kawasaki KX 125.

Tidak ada komentar: